Penyakit, Gejala Serta Penyebab Vertigo

Penyakit Vertigo merupakan keadaan dimana seseorang merasa dirinya atau ruangan yang  ada disekitarnya seolah berputar
Pengobatan Alternatives | Vertigo bukanlah penyakit, melainkan gejala penyakit yang penyebabnya bisa bervariasi. Kata vertigo berasal dari bahasa Yunani, yaitu Vetere yang artinya berputar. Vertigo bisa berlangsung hanya beberapa saat saja atau bisa juga berlanjut sampai beberapa jam bahkan beberapa hari. 

Penyakit Vertigo merupakan keadaan dimana seseorang merasa dirinya atau ruangan yang  ada disekitarnya seolah berputar. Perasaan ini disebabkan oleh virus, penurunan aliran darah ke otak, trauma kepala, iskemi sementara karena obat-obatan dan alkohol, migrain, dan beberapa kasus epilepsi. 

Vertigo bisa terjadi pada saat melakukan perjalanan jauh, naik kendaraan dijalan yang berliku. Namun terkadang vertigo hanya disebabkan oleh stres. Sebagian besar kasus vertigo tidak diketahui penyebabnya, sehingga terapi lebih banyak bersifat simtomatik dan rehabilitatif.

Gejala Penyakit Vertigo

Gejala penyakit Vertigo yang muncul serasa berputar saat berbaring, berdiri, atau memutar kepala dengan cepat. Ada gangguan keseimbangan tubuh, mual dan muntah, telinga berdengung, dan ada gerakan pada bola mata.

Penderita Vertigo disarankan untuk menghindari gerakan, posisi, atau beberapa substansi yang dapat menyebabkan terjadinya Vertigo. Saat ada tanda-tanda serangan akan terjadi, pusatkan perhatian Anda pada sesuatu hal yang dapat mengurangi rasa pusing dan mual. Obati segera dengan obat anti muntah atau anti Vertigo.

Bagi penderita Migrain maupun Vertigo, sebaiknya rajin-rajinlah berolahraga dan melakukan olah pernafasan. Tariklah nafas yang dalam sebanyak-banyaknya setiap pagi saat udara masih bersih. Cara ini bisa menimbulkan perasaan tenang dan menghadirkan oksigen lebih banyak ke dalam paru-paru. Dengan demikian tubuh akan menjadi lebih nyaman. Dalam waktu-waktu tertentu upaya ini akan menambah kebugaran sehingga kepala tak mudah lagi mengalami gangguan.

Selain itu bersikaplah lebih santai dalam menghadapi hidup serta terampil dalam mengelola stres sehingga akan sangat membantu mengusir Migrain dan Vertigo. Akan lebih baik lagi jika segera memeriksakan diri ke dokter. Karena bisa jadi gejala yang dirasakan bukan Migrain, tetapi mengarah ke Stroke. Sebab gejala Migrain memang mirip dengan Stroke.

Penyebab Penyakit Vertigo

Penyebab dari penyakit ini tidak disebabkan dari faktor keturunan, namun penyakit ini terjadi di sebabkan dari beberpa faktor lain seperti :

1. Penyakit Gangguan System

Gangguan sistem saraf pusat yang terjadi karena beberapa penyakit seperti multiple sclerosis, kerusakan leher, tumor, atau stroke yang bisa menyebabkan munculnya Vertigo.

 2. Gangguan Penglihatan

Mata selain untuk melihat juga dapat membantu dalam fungsi keseimbangan tubuh. Sehingga masalah yang terjadi pada penglihatan Anda dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan dan memicu terjadinya penyakit Vertigo.

3. Faktor Lain.

Faktor lain yang dapat menjadi penyebab munculnya gejala Vertigo adalah perasaan cemas akibat dari pengaruh alkohol, terhisap zat kimia yang ada di sekitar kita, berada dalam ruangan yang tertutup dan terlalu panas, dll.

4. Posisi Tidur

Bantal yang digunakan untuk kepala yang terlalu rendah atau yang terlalu tinggi bisa mempengaruhi munculnya penyakit Vertigo yang ada pada diri anda. Apalagi jika Anda bangun tidur dan langsung berdiri dengan cepat maka Anda akan langsung merasakan gejala Vertigo.

Jenis Penyakit Vertigo

Vertigo memiliki beberapa jenis yang berbeda gejala disetiap jenisnya seperti :

1. Vertigo Sentral

Jenis Vertigo ini terjadi pada otak sentral kita. Biasanya penyakit Vertigo yang satu ini terjadi jika sesuatu yang tidak normal pada pusat keseimbangan di otak Anda. Sudah banyak penderita Vertigo Sentral yang tidak menyadari bahwa dirinya telah mengidapnya, karena gejala dari Vertigo ini terjadi secara bertahap. Berikut ini yang merupakan gejala dari Vertigo Sentral :
  • merasa sulit untuk menelan makanan,
  • adanya kelumpuhan yang terjadi pada otot-otot wajah Anda,
  • mengalami gangguan kesadaran,
  • merasa mual-mual dan muntah-muntah,
  • mengalami hilangnya koordinasi,
  • merasakan tubuh yang terasa lemas,
  • pengelihatan pada benda yang berubah menjadi berganda,
  • merasakan saki kepala yang amat parah.

2. Vertigo Peripheral

Vertigo Peripheral ini termasuk salah satu jenis dari penyakit Vertigo yang mungkin dapat dialami oleh sebagian orang dari kita. Pada penderita Vertigo Peripheral ini biasanya terdapat suatu gangguan yang terjadi pada sistem pendengaran Anda, lebih tepatnya lagi adalah pada bagian saluran kanalis semisirkularis. Saluran semisirkularis yang menjadi penyebab dari gangguan tersebut memiliki fungsi untuk mengontrol keseimbangan tubuh Anda. Berikut ini adalah beberapa gejala yang dirasakan penderita Vertigo Peripheral seperti :
  • merasakan tubuh yang lelah,
  • mulai menurunnya stamina,
  • kehilangan keseimbangan,
  • sulit untuk berkonsentrasi,
  • mual dan muntah,
  • Menjadi lebih sensitive terhadap cahaya dan bising suara,
  • Pandangan yang menjadi gelap.

3. Vertigo Non-Vestibuler

Banyak dari pasien yang mengidap Vertigo Non-Vestibuler ini sulit mendeskripsikan gejala–gejala yang dialaminya. Vertigo non-vestibuler ini terjadi karena disebabkan oleh system regulator keseimbangan, penyebab lain dari penderita Vertigo non-vestibuler ini adalah kesalahan yang terjadi pada proses informasi di system saraf pusat. Gejala–gejala yang biasa dikeluhkan oleh penderita Vertigo non-vestibuler ini hampir sama dengan vertigo lainnya yaitu merasa pusing, kepala serasa kosong dan mata menjadi gelap.

4. Vertigo Vestibuler

Vertigo Vertibuler ini menyerang organ vestibuler atau saraf vertibulokoklear, sehingga penderita Vertigo Vertibuler akan merasa benda–benda yang ada disekelilingnya menjadi naik turun layaknya sedang naik kapal laut. Gejala-gejala yang mungkin dialami dari penderita penyakit Vertigo Vestibuler ini hampir tidak ada, hanya saja penderita Vertigo vertibuler serasa melihat benda menjadi naik turun.

Related Posts:

0 Response to "Penyakit, Gejala Serta Penyebab Vertigo"

Post a Comment