Apa Itu Kolesterol?

Pengobatan Alternatif | Yang dimaksud dengan Kolesterol adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukkan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Namun demikian apabila kadar kolesterol dalam darah itu berlebihan, maka bisa mengakibatkan penyakit, termasuk penyakit jantung koroner dan stroke. Adapun kolesterol yang normal harus di bawah 200 mg/dl. Apabila diatas dari 240 mg/dl, maka Anda beresiko tinggi terkena penyakit seperti serangan jantung atau stroke.

Sebenarnya Kolesterol secara alami bisa dibentuk oleh tubuh,  adapun selebihnya di dapat dari makanan hewani, seperti; daging, ungggas, ikan, margarine, keju serta susu. Adapun jenis makanan yang berasal dari nabati, seperti; buah, sayur, dan beberapa biji-bijian, tidak mengandung kolesterol.

Kolesterol tidak larut dalam darah sehingga perlu berikatan dengan pengangkutnya, yaitu Lipoprotein. Oleh karena itu pula kolesterol dibedakan menjadi Low-Density lipoprotein ( LDL ) dan High-Density Lipoprotein ( HDL ). Anda akan mendapat penjelasannya di bawah ini. 

Kolesterol Baik ( High Density Lipoprotein - HDL )

Kolesterol HDL adalah lemak yang baik karena bisa membersihkan dan mengangkut timbunan lemak dari dinding pembuluh darah ke hati. Kolesterol HDL yang ideal harus lebih tinggi dari 40 mg/dl untuk laki-laki, atau di atas 50 mg/dl untuk wanita.

Penyebab kolesterol HDL yang rendah adalah kurang gerak badan, terlalu gemuk, serta kebiasaan merokok. Selain itu hormon testosteron pada laki-laki, steroid anabolik, dan progesteron bisa menurunkan kolesterol HDL, sedangkan hormon estrogen perempuan dapat menaikan HDL.

Kolesterol Lp (a)

Kolesterol Lp (a) adalah suatu variasi dari kolesterol LDL. Kadar Lp (a) yang tinggi berbahaya bagi jantung. Penyebab peningkatan Lp (a) beluj jelas, mungkin berkaitan dengan faktor genetik.

Trigliserida

Trigliserida adalah bentuk lemak lain yang bisa berasal dari makanan atau dibentuk sendiri oleh tubuh. Memiliki trigliserida yang tinggi sering di ikuti juga oleh kolesterol total dan LDL yang tinggi, serta kolesterol HDL yang rendah. Orang yang menderita sakit jantung, diabetes melitus atau obesitas, biasanya mempunyai kadar trigliserida yang tinggi. Trigliserida dalam darah yang normal harus di bawah 150 mg/dl.

Beberapa orang yang mempunyai triglkiserida yang tinggi karena suatu penyakit lain atupun keturunan. Apabila memang ada faktor keturunan, maka Anda harus segera mengubah pola hidup anda, mulai diet rendah lemak, olah raga yang teratur, menurunkan berat badan, dilarang merokok, jangan minum alkohol. Anda juga disarankan untuk mengurangi konsumsi karbohidrat ( misalnya, nasi, mie ataupun roti ) sampai kurang dari 50% dari jumlah kalori total.

Kadar Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi, pada umumnya akan diderita oleh orang yang badannya gemuk, tapi tidak menutup kemungkinan juga orang yang kurus bisa mengalaminya pula, apalagi dengan mengonsumsi makanan yang rendah serat namun lemaknya yang tinggi. Selain faktor dari makanan, kolesterol yang tinggi juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan. 

Oleh sebab itu, semua orang baik yang kurus maupun yang gemuk, belum pernah menderita penyakit kolesterol apalagi yang telah mengalaminya, maka perlu menjaga makanan yang dikonsumsi dengan cara mengurangi kadar kolesterol. Caranya adalah, antara lain dengan senantiasa memperbanyak konsumsi makanan yang berserat.

Semoga artikel yang saya sharingkan tentang kolesterol ini bermanfaat dan memberikan motivasi serta tetap semangat menjalani kehidupan bagi anda. 

Artikel Terkait:

***
PS: Jika Anda suka atau merasa bahwa artikel ini bermanfaat, tolong di SHARE melalui tombol Social Media (Faacebook, Twitter, Google+, dan Pinterest) yang telah kami sediakan.
Tidak lupa!, Saya dengan senang hati,  Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan seputar artikel yang saya sajikan dibagian komentar berikut ini. Saya selalu menyempatkan untuk membaca setiap komentar dan menjawab pertanyaan yang masuk. 
Kedua hal tersebut, akan membantu saya agar bisa mengetahui topik apa yang bermanfaat dan berguna bagi Anda, sehingga saya bisa mencari lagi informasi yang berguna bagi Anda untuk lebih banyak lagi. Terima kasih :) 

Related Posts:

0 Response to "Apa Itu Kolesterol?"

Post a Comment